Kompetensi utama lulusan program studi Sarjana Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (UNESA) antara lain kompetensi menjadi praktisi sekaligus pengembang program di bidang media, industri kreatif, dan hubungan masyarakat. Sesuai dengan visi program studi, kompetensi pendukung lulusan mencerminkan perkembangan ilmu komunikasi di bidang media massa, komunikasi pemasaran, dan hubungan masyarakat. Ketiganya dikembangkan dengan berorientasi pada pengembangan ICT dan kemampuan manajerial di masa depan. 

Secara ringkas kompetensi pendukung program studi adalah kompetensi yang tersedia pada tiga konsentrasi yaitu manajemen media massa, komunikasi dan perubahan sosial, dan komunikasi pemasaran. Kompetensi konsentrasi manajemen media massa fokus pada pengelolaan dan pengembangan media baik cetak, elektronik, digital, online dan streaming. Sedangkan kompetensi yang tercakup dalam konsentrasi komunikasi dan perubahan sosial meliputi pengembangan program pemberdayaan masyarakat. Untuk kompetensi penunjang komunikasi pemasaran, kompetensi yang ditawarkan meliputi pengembangan dan pengelolaan program media informasi keagenan dan perusahaan serta pengembangan media pemasaran. Selain itu, tersedia kompetensi pendukung lainnya untuk membekali lulusan dengan berbagai keahlian khusus di bidang teknologi komunikasi dan informasi serta bahasa Inggris.


NoProfil LulusanDeskripsi Kompetensi Lulusan
1Creative Media SpecialistLulusan mampu merancang dan melaksanakan tugas-tugas dengan keahlian di dalam sektor komunikasi media seperti pengelolaan dan pengembang media baik cetak, elektronik, digital, online maupun streaming.
2Marketing Communication SpecialistLulusan mampu dalam mengembangkan dan mengelola program media informasi instansi dan korporat serta pengembangan media pemasaran.
3Communication and Social Development ConsultantLulusan mampu menganalisis perubahan sosial meliputi pengembangan program pemberdayaan masyarakat.
4Research AssistantLulusan mampu menguasai dalam kemampuan perencanaan pengelolaan analisis data dalam kajian komunikasi sosial, kajian media, dan komunikasi pemasaran.
5EntrepreneurLulusan mampu membuat perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi strategi berbasis ICT dalam pengembangan kewirausahaan.