Kompetensi utama lulusan program studi Sarjana Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (UNESA) antara lain kompetensi menjadi praktisi sekaligus pengembang program di bidang media, industri kreatif, dan hubungan masyarakat. Sesuai dengan visi program studi, kompetensi pendukung lulusan mencerminkan perkembangan ilmu komunikasi di bidang media massa, komunikasi pemasaran, dan hubungan masyarakat. Ketiganya dikembangkan dengan berorientasi pada pengembangan ICT dan kemampuan manajerial di masa depan.
Secara ringkas kompetensi pendukung program studi adalah kompetensi yang tersedia pada tiga konsentrasi yaitu manajemen media massa, komunikasi dan perubahan sosial, dan komunikasi pemasaran. Kompetensi konsentrasi manajemen media massa fokus pada pengelolaan dan pengembangan media baik cetak, elektronik, digital, online dan streaming. Sedangkan kompetensi yang tercakup dalam konsentrasi komunikasi dan perubahan sosial meliputi pengembangan program pemberdayaan masyarakat. Untuk kompetensi penunjang komunikasi pemasaran, kompetensi yang ditawarkan meliputi pengembangan dan pengelolaan program media informasi keagenan dan perusahaan serta pengembangan media pemasaran. Selain itu, tersedia kompetensi pendukung lainnya untuk membekali lulusan dengan berbagai keahlian khusus di bidang teknologi komunikasi dan informasi serta bahasa Inggris.