Pembukaan Pendaftaran Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2025

ikom.fisipol.unesa.ac.id, Surabaya – Universitas Negeri Surabaya (UNESA) membuka kesempatan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun ini. Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan berwirausaha melalui pendampingan, pelatihan, serta bantuan modal usaha.
Tujuan PMW adalah memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap wirausaha, serta membangun mentalitas kewirausahaan yang percaya diri, inovatif, dan berani mengambil risiko. Selain itu, program ini bertujuan menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.
Syarat pendaftar:
- Mahasiswa aktif Universitas Negeri Surabaya mulai dari semester 2 hingga 6.
- Memiliki proposal rencana usaha yang jelas dan inovatif.
- IPK minimal 2,75.
- Satu mahasiswa hanya boleh mengusulkan satu proposal.
Informasi lebih lengkap
mengenai persyaratan dan tahapan seleksi dapat ditemukan dalam Buku
Panduan yang telah disediakan.
Pendaftaran dibuka mulai
tanggal 15 April 2025 hingga 30 April 2025 dan dapat dilakukan melalui laman https://simpmw.unesa.ac.id.
Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan mengunggah proposal dan video PMW 2025 mulai
tanggal 15 Maret 2025 sampai 15 April 2025.
Dalam PMW 2025, mahasiswa dapat memilih bidang usaha yang ingin dikembangkan, yang mencakup enam kategori utama:
- Kuliner (makanan dan minuman)
- Budidaya
- Industri Kreatif, Seni, Budaya dan Pariwisata
- Jasa dan Perdagangan
- Manufaktur dan Teknologi Terapan
- Bisnis Digital
Selama program ini, peserta diwajibkan mengikuti sosialisasi PMW, pembekalan kewirausahaan, dan magang di UMKM dan membuat laporan mengenai perkembangan usaha melalui laporan kemajuan, dan laporan akhir PMW. Kami mengajak seluruh mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UNESA yang berminat untuk berpartisipasi dalam program ini. Melalui PMW, akan mendapatkan pengalaman berharga dalam menjalankan usaha, serta dukungan dari mentor yang berpengalaman.
Untuk informasi selengkapnya dan buku panduan bisa diakses di sini
[ysm,2025]
***
Laboratorium Ilmu
Komunikasi UNESA