LSO PR Apprentice Gelar Kuliah Tamu Bertema Creative Advertising & Winning Pitches

ikom.fisipol.unesa.ac.id, SURABAYA―LSO PR Apprentice, Ilmu Komunikasi UNESA sukses gelar kuliah tamu PR Class bertajuk 'Creative Advertising & Winning Pitches: From Concept to Client' pada Kamis, 21 November 2024 di Gedung Auditorium I8 Lantai 3, FISIPOL, UNESA Kampus Ketintang.
Arifah Kurnia Andhani selaku Ketua Pelaksana mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa mengenai kemampuan untuk merencanakan iklan, mengembangkan ide kreatif, dan berhadapan dengan klien langsung di dunia kerja yang lebih profesional nantinya.
Widiatanti selaku ketua LSO PR Apprentice turut memberikan sambutannya dalam kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa PR Class kali ini sengaja dikemas berbeda dibanding sebelumnya yang hanya diikuti oleh anggota LSO saja. “Kami ingin berbagi ilmu dengan mahasiswa dari berbagai latar belakang, agar manfaatnya bisa dirasakan lebih luas,” ujarnya.

Kuliah tamu ini dibuka dengan sambutan dari Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom., selaku Koordinator Prodi Ilmu Komunikasi UNESA. Dalam sambutannya, Anam memberikan apresiasi terhadap inisiatif LSO PR Apprentice yang mampu menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan praktisi dan mahasiswa secara langsung.
“Kegiatan seperti ini sangat penting karena memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berdiskusi, belajar, dan mendapatkan wawasan dunia kerja yang nyata. Saya harap nanti semua mahasiswa dapat menjadi lebih kritis dan mendapat wawasan langsung mengenai dunia pekerjaan langsung dari pakarnya,” ucapnya.

Berbeda dari konsep PR Class sebelumnya, kini PR Apprentice membuka kelasnya untuk umum dan berbentuk kuliah tamu yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa. Mendatangkan alumni Ilmu Komunikasi sebagai pembicara, yakni Zhafran Basysyar, S.I.Kom., yang kini berprofesi sebagai Brand Research & Development di Jenama.co, kuliah tamu PR Class mengupas tuntas mengenai proses pitching dengan rinci hingga mendapatkan klien.
Tak hanya itu, kegiatan ini juga diisi oleh dosen Ilmu Komunikasi UNESA, Puspita Sari Sukardani, S.T., M.Med.Kom., yang membahas mengenai proses ide kreatif dari perencanaan sebuah iklan.
Dalam sesi materi pertama, Puspita membahas mengenai ide kreatif dalam branding dan periklanan. Topik pembahasan dimulai dari pengertian dari ide kreatif hingga perbedaan dan diferensiasi dari sebuah iklan. Puspita juga memberikan banyak contoh mengenai ide-ide iklan yang kreatif.
“Sebuah iklan harus memiliki diferensiasi agar mampu menarik perhatian dan meninggalkan kesan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sebuah ide kreatif dalam periklanan,” jelasnya.

Selanjutnya, materi kedua diisi oleh Zhafran yang lebih rinci membahas mengenai pitching, yakni penyampaian suatu informasi dengan cara yang lebih terstruktur (deck). “Pitching bukan sekadar menyampaikan ide, tetapi bagaimana kita bisa meyakinkan klien dengan presentasi yang terstruktur dan menarik,” ungkapnya.
Zhafran juga menjelaskan banyak hal mengenai situasi nyata dalam dunia pekerjaan dan perbedaannya dengan dunia perkuliahan. Ia banyak mengajak mahasiswa untuk diskusi dan mendorong mereka untuk aktif dalam dunia perkuliahan, juga memperbanyak relasi, karena menurutnya, relasi menjadi hal yang sangat penting di dunia profesional.

Laboratorium Ilmu Komunikasi UNESA