LSO PR Apprentice Kunjungi PT Amerta Indah Otsuka, Belajar Membangun Reputasi melalui Public Relations

ikom.fisipol.unesa.ac.id, PASURUAN―LSO PR Apprentice Ilmu Komunikasi UNESA kembali adakan kegiatan kunjungan rutin mereka, yakni PR Company Visit. Kegiatan kunjungan kali ini mereka lakukan di PT Amerta Indah Otsuka yang terletak di Pasuruan pada Jumat, 20 Desember 2024.
PR Company Visit bertajuk Agriputation 2024 dengan tema 'Building PT Amerta Indah Otsuka’s Business and Commercial Logistics Reputation' ini diikuti sebanyak 50 mahasiswa yang terdiri dari anggota dan non-anggota PR Apprentice, beserta 5 mahasiswa Ilmu Komunikasi yang berasal dari Cyber PR Universitas Pembangunan Negeri Veteran Jawa Timur (UPNVJT).
Berbeda dengan kegiatan company visit sebelumnya yang hanya diikuti anggota PR Apprentice atau sebatas lingkup mahasiswa Ilmu Komunikasi UNESA saja, kali ini PR Apprentice mengundang Cyber PR UPNVJT untuk melaksanakan kegiatan company visit karena kerja sama yang telah terjalin di antara keduanya.
Ketua Panitia, Diva Sulistyazahra, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan memberikan pengalaman bagi mahasiswa mengenai lingkungan kerja di bidang public relations secara langsung.
“Kegiatan company visit ini banyak dinanti oleh mahasiswa, jadi saya berharap nanti ke depannya, PR Apprentice atau organisasi lain mampu menjadi wadah mahasiswa lainnya yang ingin belajar secara langsung dari perusahaan,” harapnya.
PT Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan makanan, yang merupakan anak perusahaan dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd. Jepang. Dalam kegiatan ini, PR Apprentice berkesempatan untuk datang langsung ke pabrik produk andalan Otsuka, yakni Soyjoy dan Pocari Sweat.
Dalam kegiatan kunjungan, mahasiswa disambut oleh Glenn Noya, yakni Corporate Communication dari PT Amerta Indah Otsuka dan beberapa staf lainnya. Mahasiswa diajak untuk melihat secara langsung proses pembuatan produk Soyjoy dan Pocari Sweat.
Tak hanya itu, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk mencicipi Soyjoy langsung dari oven dan mendapatkan materi mengenai produk Soyjoy dengan segala kandungan manfaatnya.
Berlanjut ke pabrik Pocari Sweat, selain melihat proses produksi, mahasiswa diajak untuk mengumpulkan botol kosong Pocari Sweat dengan cara memilahnya yang kemudian ditukar menjadi produk Pocari Sweat yang baru. Di sini, mahasiswa kemudian mendapatkan materi mengenai PT Amerta Indah Otsuka.
Sesi materi disampaikan langsung oleh Glenn Noya juga para stafnya. Mahasiswa dikenalkan dengan latar belakang perusahaan dan juga beberapa produknya. Selaras dengan tema, mahasiswa juga belajar bagaimana cara membangun dan mempertahankan reputasi perusahaan.
Dalam sesi diskusi, Glenn Noya menyampaikan secara langsung mengenai kontribusi aktif PT Amerta Indah Otsuka dalam memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat sekitar melalui aktivitas CSR (Corporate Social Responsibility) dan juga berbagai tantangannya.
Sesi tanya jawab berlangsung dengan interaktif sebab banyak mahasiswa yang ingin belajar mengenai kegiatan CSR perusahaan, strategi pemasaran, analisis data konsumen, lingkungan kerja perusahaan, dan lain sebagainya.
Bagas Aji Dariansyah, salah satu peserta dari Cyber PR UPNVJT mengungkapkan apresiasinya untuk PR Apprentice dalam kegiatan company visit ini.
“Kegiatannya keren sekali. Meskipun singkat namun kegiatannya bisa membuat saya lebih tertarik dengan public relations dan semakin memperluas relasi yang saya miliki. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut, berjalan secara rutin dan dapat membawa lebih banyak massa supaya lebih meriah,” ucapnya [erz, 2024].
***
Laboratorium Ilmu Komunikasi UNESA