Unjuk Karya Produk Kreativita Periklanan: Hasil Kolaborasi dengan Brand Terkemuka hingga Instansi Pemerintahan

ikom.fish.unesa.ac.id, SURABAYA—Setelah sekian purnama berproses, sejumlah mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UNESA berhasil menggelar unjuk karya melalui kegiatan screening gelombang 1 di Ruang Srikandi I6 Fisipol, UNESA Kampus Ketintang pada Selasa (21/5).
Pagelaran karya kreatif berupa iklan komersial maupun iklan layanan masyarakat (ILM) tersebut merupakan output dari mata kuliah Kreativita Periklanan guna memenuhi syarat penilaian tugas akhir mahasiswa semester 4.
Tidak hanya itu, Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom. selaku Koorprodi Ilmu Komunikasi UNESA beserta dua dosen pengampu mata kuliah Kreativita Periklanan, Puspita Sari Sukardani, S.T., M.Med.Kom. dan Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A., sangat berharap bahwa tugas akhir ini merupakan pijakan awal bagi para mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk mengasah kemampuan di bidang periklanan.
"Periklanan tidak hanya bicara tentang produksi iklan saja, melainkan terdapat tahapan penting mulai dari pembuatan naskah, persuasi klien, manajemen marketing, hingga proses editing," ucap Koorprodi Ilmu Komunikasi UNESA dalam sambutan singkatnya.
Pada proyek akhir ini, para mahasiswa diwajibkan untuk menjalin kolaborasi dengan klien/mitra eksternal, di mana hal ini dapat memacu semangat profesionalitas mereka melalui adanya kesempatan menggarap real project tersebut. Beberapa dari mereka bahkan ada yang berhasil menggandeng brand terkemuka dengan latar belakang tingkatan grade A hingga menggandeng instansi pemerintahan, seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya.
Menanggapi hal tersebut, Koorprodi kembali menegaskan bahwa melalui tugas akhir yang diberikan, mahasiswa tidak hanya sekadar memperoleh pengalaman baru saja, melainkan akan ada harapan untuk dapat menganyam relasi baik dengan klien/mitra dalam jangka waktu yang panjang.
Antusiasme mahasiswa ini nampak pula ketika produk iklan mereka berhasil membuahkan ragam apresiasi. "Melalui tugas ini, saya jadi berkesempatan untuk healing tipis-tipis, karena lokasi syuting bertempat di luar kota. Saya juga seneng banget karena para dosen dan teman-teman merasa terhibur dengan karya kelompok kami," ujar Aulia Fira, salah satu perwakilan kelompok mahasiswa yang turut mendapatkan apresiasi [astr, 2024].
***
Laboratorium Ilmu Komunikasi UNESA