Cerita Keberhasilan Aryasatya dalam Kampanye Digital Marketing UMKM di PT Arkatama Multi Solusindo

ikom.fisipol.unesa.ac.id, SURABAYA―Digital marketing sangat penting dalam kehidupan saat ini karena perkembangan teknologi dan penggunaan internet yang pesat membuat sebagian besar interaksi konsumen dengan merek terjadi secara online. Dalam era persaingan yang semakin ketat, digital marketing menjadi kunci utama untuk mempertahankan daya saing dan memperkuat kesadaran merek.
Kesadaran akan pentingnya digital marketing dalam dunia bisnis yang terus berkembang mendorong Aryasatya Vincentio Wian, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNESA angkatan 2022 untuk mempelajari lebih dalam tentang bidang ini. Dengan potensi besar yang dimilikinya untuk menjangkau audiens secara lebih efisien dan personal, Arya merasa tertantang untuk menguasai berbagai strategi dan alat digital yang dapat mendukung kesuksesan perusahaan di era digital ini lewat kegiatan Studi Independen Bersertifikat (SIB) di PT Arkatama Multi Solusindo.
PT Arkatama Multi Solusindo merupakan perusahaan penyedia jasa konsultan IT dan sebagai integrator bisnis digital di Indonesia. Dengan fokus utama pada custom application development, hardware & IT infrastructure, digital marketing service, dan IT Training Center, tentunya menawarkan solusi terdepan untuk menghadapi tantangan era digital.
Selama empat bulan kegiatan ini berlangsung, tepatnya mulai 6 September hingga 31 Desember 2024, Arya telah mendapatkan banyak manfaat berharga dari kegiatan ini. Arya tidak hanya memperdalam pemahaman tentang berbagai strategi digital marketing, tetapi juga memperoleh keterampilan praktis yang langsung dapat diterapkan dalam dunia nyata.
Pengalaman ini telah memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana mengelola kampanye digital yang efektif, serta cara-cara inovatif untuk menarik dan mempertahankan audiens, yang sangat berharga bagi perkembangan karier Arya di bidang ini.
Kegiatan pembelajaran ini menggunakan dua pendekatan, yaitu mentoring dan training class. Selain itu, PT Arkatama Multi Solusindo mewajibkan Arya dan para peserta Studi Independen Bersertifikat untuk menyelesaikan seluruh prosedur pembelajaran yang telah ditetapkan, termasuk pre-test dan post-test, tugas progres, serta final project. Semua materi pembelajaran tambahan dapat diakses melalui laman https://edu.amdacademy.id/.
Melalui program ini, Arya juga memperoleh kesempatan untuk mengembangkan dan mengoptimalisasikan suatu UMKM. Menariknya, ia juga berkesempatan untuk mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi resmi dari pihak BNSP dengan skema digital marketing. Sertifikasi ini menjadi langkah penting untuk mengukur pemahaman dan keterampilan yang telah diperoleh Arya selama program ini berlangsung.
Dalam prosesnya, tentu terdapat beberapa kendala yang Arya alami, salah satunya adalah kesulitan dalam memahami beberapa ilmu yang baru. Pada awalnya, beberapa konsep dan strategi digital marketing yang diajarkan terdengar asing dan menantang untuk dipahami. Tentu hal ini menuntut Arya untuk lebih bersabar dan berusaha memahami ulang materi dengan cara menonton video pembelajaran serta mempelajari materi tersebut lebih dari satu kali.
Namun, dengan tekad untuk menguasai ilmu yang diberikan, Arya terus berusaha mencari cara yang tepat untuk memahaminya, baik melalui referensi tambahan maupun diskusi dengan rekan tim. Upaya ini membantunya untuk lebih memahami setiap konsep dan strategi secara mendalam, sehingga Arya dapat berhasil mengaplikasikan pengetahuan tersebut dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan.
Di akhir program, Arya berhasil mengoptimalkan
digital marketing untuk sebuah UMKM dengan hasil yang luar biasa, yaitu
mencapai 10.947 tampilan dan menjangkau 6.760 akun, yang
mencatatkan peningkatan signifikan sebesar 5.628%. Selain itu, kampanye
yang dirancang oleh Arya juga sukses meningkatkan brand awareness hingga 20%.
Reporter: Arya, SIB PT Arkatama Multi Solusindo 2024