Studi Independen Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unesa Bangun Branding PT. Songgo Jati Baru Dari Nol

Ikom.fisipol.unesa.ac.id, GRESIK –
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNESA angkatan 2022, yaitu Ainayah Siskirana, David Ferdinand Sitorus, Dicky Rachmawan, Muhammad Didit Widianto, Zabrina Rossabel Nandizha, Maulana Hafizh, Muhammad Jawahir Al Farisi, telah menyelesaikan Studi Independen
mereka dengan melakukan kerja sama dengan PT. Songgo Jati Baru, sebuah
perusahaan pengadaan barang dan jasa yang berlokasi di Gresik. Dalam kerja sama
ini, tim Zabrina dkk. bertujuan untuk mewujudkan salah satu dari 17 Tujuan
Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yaitu Membangun Kemitraan Untuk Mencapai
Tujuan (Partnership for the Goals).
Sejak empat bulan terkahir, Zabrina
dkk. aktif mengelola akun media sosial PT. Songgo Jati Baru, khususnya
Instagram (@songgojatibaru), untuk memperkenalkan brand mereka kepada
masyarakat yang lebih luas. Dalam rangka mencapai tujuan ini, Zabrina dkk.
menggunakan pendekatan Marketing Funnel yang meliputi tiga tahap utama
yakni Awareness, Consideration, dan Conversion.
Awareness merupakan langkah pertama yang
mereka fokuskan, di mana mereka berusaha membangun Branding PT. Songgo
Jati Baru dari nol. Menurut mereka, kegiatan ini sangat relevan dengan mata
kuliah Branding yang mereka pelajari pada semester 5.
Salah satu cara dalam aktivasi
media sosial adalah pembuatan konten. Sebelum konten tersebut berstatus ‘Ready
to Upload’, tentu banyak sekali perjalanan atau langkah-langkah yang harus mereka
lewati agar konten tersebut dapat sesuai dengan visi dan misi kegiatan mereka.
Sebagai bagian dari aktivitas Branding,
tim Zabrina melakukan riset kompetitor serta merancang content plan
bulanan yang strategis untuk menciptakan konten yang menarik dan relevan bagi
audiens Instagram PT. Songgo Jati Baru. Komunikasi yang intens dengan pihak
perusahaan, terutama dengan Arif selaku owner, sangat penting dalam proses ini
untuk memastikan bahwa konten yang dihasilkan sesuai dengan visi dan misi
perusahaan.
“Bagi kami, ini adalah pengalaman
yang sangat berharga karena kami dapat memulai pembangunan Brand Persona
perusahaan dari nol. Ini adalah kesempatan langka yang tidak banyak didapatkan
oleh kelompok lain,” ujar Zabrina.
Mereka juga mengungkapkan
kebanggaannya dapat bekerja dengan sebuah perusahaan yang sudah memiliki nama
besar namun belum memanfaatkan media sosial secara maksimal.
Dengan tujuan utama meningkatkan awareness masyarakat tentang PT. Songgo Jati Baru, Zabrina dkk. berharap
dapat menciptakan sebuah platform yang dapat menghubungkan perusahaan dengan
masyarakat yang membutuhkan barang dan jasa yang mereka tawarkan. Harapannya,
melalui kerja keras mereka dalam membangun brand awareness, perusahaan
akan mencapai KPI (Key Performance Indicator) yang sesungguhnya, yaitu conversion,
di mana masyarakat mulai memilih PT. Songgo Jati Baru sebagai pemasok utama
barang dan jasa.
Namun, perjalanan ini tidak tanpa
tantangan. Zabrina dkk. mengungkapkan bahwa tantangan terbesar mereka adalah
merintis akun media sosial baru dan mengejar engagement untuk
meningkatkan algoritma akun tersebut. Mereka harus bekerja keras untuk
menganalisis audiens dan menciptakan konten yang relevan agar setiap unggahan
dapat memberikan dampak yang signifikan.
“Meski tantangan berat, kami sangat
bekerja keras untuk menganalisis konten atau unggahan yang sesuai dengan
audiens Instagram PT. Songgo Jati Baru. Guna mendapatkan hasil analisis yang
maksimal, kami selalu memikirkan dan mengonsep Content Plan sedemikian
rupa agar hasil dari unggahan yang kami kerjakan dapat berbuah manis dan
sesuai dengan harapan,” tambahnya.
Dengan berakhirnya Studi Independen ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNESA angkatan 2022 berharap dapat melanjutkan pengalaman ini ke proyek-proyek berikutnya, memperluas jaringan, serta memberikan konstribusi positif bagi pengembangan perusahaan lokal di Indonesia.[ysm,2025]
***
Laboratorium Ilmu Komunikasi UNESA