Peran PR dalam Corporate Social Responsibility (CSR): Membangun Citra melalui Komitmen Sosial dan Lingkungan

ikom.fisipol.unesa.ac.id -- Public Relation (PR) memiliki peran yang sangat penting sebagai pembangun citra positif perusahaan melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR). Citra atau reputasi sangat mempengaruhi kredibilitas sebuah perusahaan. Citra perusahaan harus bernilai positif karena itu merupakan jati diri dan aset dari perusahaan itu sendiri.
CSR adalah suatu pendekatan yang sangat strategis dengan menggunakan konsep- konsep komunikasi. Tujuan adanya CSR yaitu menciptakan hubungan kerjasama yang baik antara perusahaan dengan stakeholder. Implementasi CSR melibatkan PR sebagai penghubung antara perusahaan dengan stakeholder. CSR pada dasarnya merupakan kegiatan PR, dimana PR sangat berperan penting dalam implementasi CSR.
PR bertindak sebagai jembatan antara perusahaan dan publik untuk memastikan bahwa setiap inisiatif CSR yang diambil oleh perusahaan dikomunikasikan secara efektif dan transparan kepada masyarakat. PR merupakan alat yang sangat strategis untuk membina kerjasama tim sebaik mungkin sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk menciptakan citra positif yang pada akhirnya bermanfaat bagi masyarakat.
Kesuksesan dalam bisnis tidak pernah lepas dari komitmen sosial. Perusahaan hendaknya menjalin hubungan yang positif dengan masyarakat karena opini masyarakat dapat mempengaruhi keputusan atau kegiatan yang akan dilakukan. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan manfaat berupa bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR yang bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan.
Dalam komitmen sosial, PR bertugas membantu perusahaan untuk mengidentifikasi isu- isu sosial yang relevan dengan bisnis perusahaan dan merancang program-program CSR yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.
PR menyampaikan mengenai program-program tersebut kepada publik melalui berbagai saluran komunikasi, seperti media massa, media sosial, dan acara-acara khusus. Dengan demikian, PR membantu perusahaan untuk membangun citra sebagai perusahaan yang peduli dan bertanggung jawab secara sosial.
Selain itu, PR juga berperan penting dalam komitmen perusahaan terhadap lingkungan. Di era yang semakin sadar akan isu-isu lingkungan, perusahaan dituntut untuk tidak hanya menghasilkan keuntungan finansial, tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan.
PR membantu perusahaan untuk merancang dan melaksanakan program-program CSR yang berfokus pada pelestarian lingkungan, seperti pengurangan emisi karbon dan pengelolaan limbah perusahaan. PR kemudian menginformasikan program-program tersebut kepada publik, dan membangun citra perusahaan sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan dan berkomitmen untuk keberlanjutan.
Melalui komunikasi yang efektif dan transparan, PR membantu perusahaan untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata publik. PR juga menciptakan ruang untuk berkolaborasi antara perusahaan dan pemangku kepentingan, memastikan bahwa program-program CSR relevan dan memberikan manfaat yang maksimal bagi semua pihak.
Kesimpulan
PR memainkan peran yang sangat penting dalam membangun citra perusahaan melalui komitmen sosial dan lingkungan. PR tidak hanya mengkomunikasikan program-program CSR, tetapi juga membantu perusahaan untuk merancang dan melaksanakan program yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Inisiatif CSR dapat menciptakan citra positif di mata masyarakat dan mengurangi risiko kerugian akibat operasional bisnis.
Perusahaan dapat menjalin hubungan positif dengan masyarakat dengan memberikan manfaat berupa CSR yang bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan di masyarakat. Melalui upaya yang terkoordinasi dan terintegrasi, PR membantu perusahaan untuk membangun citra sebagai entitas yang bertanggung jawab, peduli, dan berkomitmen untuk keberlanjutan.
Referensi:
Pahlevi, T., Rossy, B., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2015). Peran Public Relation (Pr) Dalam Mengkomunikasikan Corporate Sosial Responsibility (Csr) Sebagai Pembangun Citra Positif Perusahaan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, September, 59–70. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/viewFile/26532/18898
Syahra, A., & Awali, H. (n.d.). PERAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR ) DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI. 3(2), 230–237.
Penulis : Nur Mazidah Agustin N., 2025
Cover : Hamima Okamtiyan, 2025
*****
Laboratorium Ilmu Komunikasi UNESA