Terjun dalam Dunia Sales & Marketing Brand, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNESA Kolaborasi Bersama Telkomsel

ikom.fisipol.unesa.ac.id, SURABAYA―Telkomsel adalah mitra yang kami pilih untuk melaksanakan Studi Independen (SI) di semester 5 ini, dengan tim yang beranggotakan Adinda Cindy Mardiana, Eka Berliana Maharani, Mochammad Rakha Raya Pramudiya, dan Bryant Bintang Herdiani.
Telkomsel merupakan provider internet terkemuka di Indonesia, yang berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dengan reputasi yang dimiliki, ditambah dengan kultur perusahaan yang positif di kalangan masyarakat inilah yang menambah keinginan kami untuk belajar di Telkomsel Regional V Jawa Timur.
Dalam kegiatan Studi Independen ini kami bergabung dalam divisi Sales & Marketing. Melalui divisi ini kami membantu dalam kegiatan pemasaran di provider Telkomsel dan by.U yang merupakan anak perusahaan Telkomsel.
Salah satu kegiatan yang kami lakukan adalah melakukan pertemuan dengan tim sponsorship event yang mengajukan kerja sama dengan Telkomsel. Dengan kegiatan seperti ini tentunya sangat berguna untuk kolaborasi sekaligus menjadi strategi promosi yang menguntungkan bagi Telkomsel. Mulai dari seleksi sponsor yang sesuai dengan nilai brand, negosiasi terkait kesepakatan pembuatan poster ataupun konten di media sosial.
Setelah melakukan kesepakatan kerja sama sponsorship, barulah kami datang di beberapa event yang telah melakukan kerja sama dengan Telkomsel, salah satunya yaitu konser Stovit Art Festival 2024 yang menampilkan Juicy Luicy, JKT 48 dan Celine.
Acara konser yang diadakan oleh FKG Universitas Airlangga ini telah berhasil bekerja sama dengan Telkomsel. Lewat event ini tentunya memberikan keuntungan bagi Telkomsel, di mana selain membuka tenant untuk penjualan provider, Telkomsel juga menayangkan iklan di sela waktu konser. Tentu hal ini sangat membantu tim marketing provider Telkomsel dalam hal pemasaran.
Tidak hanya Telkomsel, by.U juga seringkali melakukan kerja sama untuk menaikkan engagement produk. Salah satu event yang diadakan oleh provider by.U adalah JAWARA (Jelajah Wawasan Nusantara). Event ini merupakan program kerja divisi Sales & Marketing, di mana kami turut bertanggung jawab dalam pelaksanaannya.
Kami melakukan kerja sama dengan sekolah yang ada di Surabaya dalam menyukseskan event JAWARA ini. Terdapat kegiatan kompetisi yang diikuti para murid di sekolah tersebut, yang nantinya difasilitasi sepenuhnya oleh by.U. Adapun acara ini bertujuan untuk melakukan promosi di kalangan siswa, sekaligus mendukung acara yang dilakukan sekolah tersebut.
Dengan berbagai kegiatan yang kami lakukan tentu selaras dengan mata kuliah yang kami terima selama menempuh perkuliahan di Prodi Ilmu Komunikasi. Kegiatan seperti melaksanakan event, berkolaborasi dengan sekolah dan menjadi pihak sponsorship mulai dari merencanakan, melaksanakan hingga melakukan interaksi dengan klien merupakan bentuk implementasi mata kuliah Excellent Service, MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions), dan Branding.
Tentu bekal yang telah diperoleh di bangku perkuliahan sangat bermanfaat bagi kami yang menjalankan Studi Independen di Telkomsel. Kami yakin apa yang kami lakukan di Telkomsel saat ini dapat bermanfaat di kemudian hari, khususnya dalam dunia Sales & Marketing Brand.
***
Reporter: Berliana dkk, SIM Telkomsel 2024
Editor: astr, 2024
Laboratorium Ilmu Komunikasi UNESA