Aginka Ilmas Medantara Pribadi Titi Karir di Azarine Make Up Marketing Strategist

ikom.fish.unesa.ac.id, SURABAYA―Aginka Ilmas Medantara Pribadi, mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNESA angkatan 2021 dengan konsentrasi penjurusan Marketing Communication meniti karirnya sebagai mahasiswa magang dalam program Kampus Merdeka 2024 di Azarine Cosmetic, salah satu anak perusahaan PT Wahana Kosmetika Indonesia yang berfokus pada distribusi dan penjualan barang hasil produksi.
Dirinya berkesempatan memegang posisi sebagai Make Up Marketing Strategist yang bertanggung jawab untuk merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran secara efektif dan optimal guna mencapai tujuan bisnis perusahaan. Keterlibatannya pada posisi tersebut memiliki tujuan utama yakni mampu mencapai peningkatan kehadiran merek, menarik pelanggan, dan memastikan bahwa brand sukses dipasarkan secara berkelanjutan.
Berbicara soal Make Up Marketing Strategist tak jauh dari bidang pemasaran brand kepada masyarakat hingga tahap pendistribusian barang, mulai dari analisis pasar dan kompetitor, merancang strategi pemasaran dari pemilihan KOL (Key Opinion Leader), brief KOL, merancang brand campaign, membuat konten in house, hingga penulisan artikel brand make up Azarine.
Tak hanya itu, Aginka turut melibatkan pemahamannya secara mendalam mengenai pasar, analisis tren, pengembangan pesan pemasaran, perencanaan merek, pengelolaan merek, produksi konten, analisis kinerja, kolaborasi tim, serta adaptasi terhadap perubahan pasar dan teknologi. Aginka pula mengaku bahwa jobdesknya kini sejalan dengan mata kuliah di konsentrasi Marketing Communication seperti Branding, MICE, Kreativita Periklanan, Penulisan Humas, Komunikasi Pemasaran, Manajemen Humas, Creative Writing, Perilaku Konsumen dan Gaya Hidup, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Perkantoran, Social Media Life, serta Perencanaan Periklanan.
Atas kepiawaian dan ketertarikannya di dunia marketing yang sangat besar, dirinya berhasil mendapatkan hasil dari kampanye proyek pemasaran dengan nominal yang besar di hari pertama magangnya. Kala itu, produk eye brow dari Azarine menjadi awal karir Aginka sebagai Make Up Marketing Strategist. Meski diawali dengan rasa pesimis, namun dirinya mampu beradaptasi dengan cepat dan semakin percaya diri akan kemampuannya sehingga mampu terjun langsung menjalankan jobdesk-nya pada kampanye proyek ini.
Tak menutup fakta bahwa dirinya pula harus bertanggung jawab terhadap dana yang telah digelontorkan perusahaan guna mencapai target penjualan produk yang lebih besar pula. Meski demikian, Aginka sempat kaget dan kurang bisa mengimbangi ritme kerja perusahaan yang cepat di hari pertamanya. Namun hal tersebut tak lantas mengubur semangat membaranya.
Sadar dengan konsekuensi yang ada, dirinya harus siap dan membiasakan diri dengan kondisi lingkungan kerja yang sangat berbeda dengan belajar di kampus. Alhasil, Aginka mampu beradaptasi secara cepat. Tak lain pula didukung oleh keberadaan rekan tim yang suportif, harmonis, humanis, serta berkesempatan untuk bertemu banyak artis kala proses produksi pemasaran. Hal tersebut seakan mampu meredam keletihannya karena jarak tempuh kantor dan kediamannya yang cukup jauh [int, 2024].
***
Laboratorium Ilmu Komunikasi UNESA