Ini Loh, Alasan Kenapa Public Relations Menjadi Incaran Banyak Orang!

ikom.fisipol.unesa.ac.id – Setiap perusahaan perlu mempunyai citra yang baik di masyarakat agar dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan tersebut. Oleh karena itu, setiap perusahaan memerlukan peran dari PR (Public Relations) karena dengan hal itu mampu membangun dan mempertahankan citra baik perusahaan.
Menurut Grunig & Hunt dalam buku yang berjudul Manager's Guide to Excellence in Public Relations and Communication Management menjelaskan bahwa PR merupakan management of communication between an organization and it’s public. PR bagian penting dalam organisasi yang menangani tindakan komunikasi antara perusahaan dengan publik yang ada.
Dalam kaitan ini PR dipandang memiliki fungsi vital sebagai suatu jembatan (bridge) yang menghubungkan antara organisasi dengan publik. Dari PR inilah manajemen dapat menerima dan mengolah informasi yang ada untuk kemudian pengambilan keputusan strategis dalam rangka mengembangkan suatu perusahaan.
PR juga berfungsi sebagai alat strategis untuk membangun citra positif dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Menggunakan komunikasi efektif dan terarah, perusahaan dapat memastikan bahwa pesan yang disampaikan kepada publik selaras dengan visi dan misinya. Mari kita mengulas alasan mengapa PR menjadi incaran banyak orang!
Peluang Karir yang Luas
PR memiliki peluang karir yang lebih luas karena PR banyak dibutuhkan diberbagai sektor, mulai dari perusahaan swasta, lembaga pemerintah, organisasi, dan komunitas. PR merupakan salah satu jenis pekerjaan yang sangat banyak diminati karena PR menjadi hal yang paling dibutuhkan dalam sebuah organisasi. Keterampilan PR sangat dicari oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia.
Membangun Relasi yang Luas
Memiliki cakupan relasi yang luas merupakan salah satu keuntungan yang didapatkan saat menjadi PR. Tugas sehari-hari seorang PR akan berinteraksi dengan berbagai pihak, seperti media, pelanggan, dan masyarakat. Hal tersebut akan memberikan kesempatan bagi seorang PR untuk membangun jaringan atau relasi yang luas. PR memiliki relasi atau jaringan yang luas untuk bisa menjaga komunikasi dan menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak luar.
Melatih Keterampilan Berkomunikasi
Seorang PR selalu menggunakan komunikasi dalam melakukan setiap pekerjaannya. Oleh karena itu, PR selalu melibatkan komunikasi yang efektif, baik itu secara lisan maupun tulisan. Sehingga saat menjadi seorang PR, maka kemampuan dalam berkomunikasi akan mengalami peningkatan. PR juga melatih kemampuan untuk berpikir kritis. Keterampilan ini akan sangat berharga di berbagai bidang pekerjaan.
Dinamika dan Tantangan
Dunia PR selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu dan penuh tantangan. Pekerjaan PR Setiap hari selalu menghadirkan situasi baru yang membutuhkan kreativitas dan kemampuan dalam problem-solving. Menjadi PR memberikan pengalaman yang berbeda setiap harinya. Menjadi PR akan mempunyai tugas yang berbeda-beda setiap harinya, mulai dari mempersiapkan event, menulis rilis pers, hingga melakukan wawancara dengan media massa.
Seorang PR dilihat bukan hanya dari cara berbicaranya, tetapi karena pemilihan kata yang digunakan untuk melakukan negosiasi dengan pihak luar. Komunikasi bukan hanya sekadar menyampaikan pesan tetapi bagaimana agar pesan tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Memang tidak banyak orang yang mampu bernegosiasi dengan baik, tetapi seorang PR dituntut untuk dapat melakukan negosiasi dengan cerdas. [zdh, 2025].
***
Laboratorium Ilmu Komunikasi UNESA