Seharian Menjadi Seorang Public Relations, Seru Banget!

ikom.fisipol.unesa.ac.id. - Ternyata bukan hanya bertugas sebagai juru bicara untuk menyampaikan informasi perusahaan ke publik, tugas Public Relations (PR) jauh lebih kompleks dan strategis. Public Relations memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan sehari-hari karena dapat membantu membangun dan menjaga hubungan sosial antar pihak hingga menangani krisis.
Dengan begitu, PR dinilai sebagai bagian yang penting dalam membangun reputasi perusahaan. Bahkan, banyak perusahaan besar yang menganggap PR sebagai kunci untuk membangun kesuksesan khususnya dalam membangun hubungan dengan para pemangku kepentingan dan berbagai pihak eksternal termasuk media.
Mengenal Public Relations
Sebelum menelusuri lebih jauh mengenai kesibukan PR, mari kita pahami dulu apa sebenarnya Public Relations itu.
Public Relations adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam mengelola citra dan reputasi perusahaan melalui komunikasi strategis dengan tujuan menciptakan persepsi positif di mata publik. Tanpa PR yang andal, reputasi perusahaan bisa saja terguncang hanya karena satu kesalahan kecil dalam komunikasi.
Kemudian bagaimana keseharian yang dilakukan oleh seorang PR? Yuk kita cari tahu!
Memulai dengan Informasi dan Analisis Situasi
Pekerjaan seorang PR sangat
bergantung pada komunikasi. Di mana email menjadi saluran utama dalam
komunikasi baik dengan media, klien, maupun internal perusahaan. Oleh karena
itu, seorang Public Relations harus selalu mengecek dan membalas setiap email
yang masuk setiap harinya.
Public Relations juga harus selalu update terhadap isu-isu terbaru yang bisa berdampak pada perusahaan, sehingga PR harus mengetahui informasi terkini. Dengan membaca berita terkini yang berkaitan dengan perusahaan, serta memantau tren di media sosial yang dapat mempengaruhi opini publik, kita dapat memastikan bahwa perusahaan telah memiliki citra yang baik khususnya di dunia digital.
Mengelola Reputasi dan Hubungan dengan Media
Public Relations memiliki
tanggung jawab utama untuk mengembangkan dan menerapkan strategi PR dalam upaya
meningkatkan reputasi dan visibilitas perusahaan. Hal ini dilakukan dengan cara
riset pasar dan mengidentifikasi target audiens, kemudian dilanjutkan dengan
membuat perencanaan yang lengkap dan terperinci untuk dapat melaksanakan
strategi tersebut.
Tidak hanya itu, Public Relations juga harus memastikan hubungan antara media dengan perusahaan tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu, PR harus melakukan identifikasi peluang untuk liputan media, menyampaikan cerita kepada jurnalis atau wartawan, mengkoordinasi wawancara dan konferensi pers, serta menanggapi berbagai pertanyaan yang muncul.
Dengan demikian, perusahaan dapat lebih dikenal oleh media sehingga bisa meningkatkan awareness terhadap perusahaan dan mendorong lebih banyaknya minat dari masyarakat. Namun, tentu tidak semudah itu menarik perhatian media, perlu untuk memahami kebutuhan publik dan minat masing-masing media.
Membangun kepercayaan dan hubungan yang solid dengan anggota media dikenal butuh waktu dan usaha lebih, tetapi manfaat yang didapatkan terbukti signifikan terutama dalam memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas.
Bukan hanya mampu untuk berbicara secara verbal kepada publik, PR juga harus memiliki kemampuan komunikasi tertulis yang menjadi semakin penting dalam keseharian PR. Hal ini dikarenakan konten yang menarik menjadi salah satu hal yang penting untuk bisa membuat perusahaan dikenal dan mudah diingat sehingga harus dapat berpikir secara kreatif dan strategis.
Keterampilan menulis ini diperlukan ketika menulis press release, pernyataan resmi, materi komunikasi internal, dan berbagai konten promosi lainnya yang dapat menarik perhatian media dan publik. Dalam penyusunan konten, PR juga harus memperhatikan target audiens untuk dapat menyesuaikan strategi penyampaian pesan secara tepat dan konsisten.
Menangani Krisis dan Interaksi dengan Publik
Dalam kehidupan sehari-hari, tak jarang perusahaan juga dapat menghadapi krisis yang harus diselesaikan melalui respon yang tepat agar tidak memperburuk reputasi perusahaan di mata publik.
Ketika dihadapkan pada krisis, PR
bukan hanya harus memberitahu semua pihak yang berkepentingan mengenai krisis
yang terjadi, potensi risiko, hingga rencana tindakan yang akan diambil untuk
menangani krisis dengan jelas, namun juga PR harus menjaga saluran komunikasi
hingga setelah krisis berakhir dengan menanggapi setiap pertanyaan dari media
yang mencuat.
Dalam menghadapi krisis ini, PR dituntut untuk berpikir dan bertindak cepat dan etis demi kepentingan terbaik perusahaan. Hal ini menjadikan PR harus selalu siap sedia dalam menerapkan komunikasi krisis dalam kesehariannya bekerja.
Seorang PR biasanya juga selalu menginisiasi pengembangan dan pengimplementasian program untuk bisa meningkatkan keterlibatan masyarakat dan meningkatkan citra positif perusahaan.
Program-program yang dibentuk umumnya menonjolkan sisi kemanusiaan sekaligus tergabung ke komunitas komunitas publik yang relevan dengan nilai perusahaan untuk dapat memberikan pandangan mengenai nilai dan misi perusahaan kepada publik sehingga dapat menunjukkan komitmen perusahaan terhadap tanggung jawab sosial dan kesadaran merek.
Dinamika Pekerjaan PR
Dengan begitu, Public Relations
dikenal bukan sebagai pekerjaan yang monoton. Berbagai dinamika yang terjadi
setiap harinya terasa penuh tantangan namun terasa menyenangkan. Walaupun harus
dituntut cepat tanggap dalam menghadapi berbagai situasi dalam sehari-hari
sekaligus menghadapi sebuah krisis, pekerjaan tersebut justru dinilai lebih
menantang sebab mampu melatih kemampuan kita berpikir kritis.
Tidak hanya itu, Public Relations akan selalu bertemu dengan banyak orang-orang baru dari berbagai latar belakang, seperti jurnalis, influencer, hingga eksekutif perusahaan, sehingga PR harus memiliki strategi komunikasi yang tepat dan kreatif. Salah satu strategi yang biasa dilakukan ialah membuat kampanye komunikasi yang unik dan kreatif untuk dapat menarik perhatian publik dan meningkatkan citra perusahaan.
Bagaimana menurutmu jika menjalani kehidupan sebagai Public Relations? pengalaman yang luar biasa, bukan?
Meskipun penuh tantangan, pekerjaan seorang PR bisa terasa sangat menyenangkan karena memberikan kesempatan yang luas untuk bisa berkembang di dunia komunikasi. Terutama bagi kamu yang menyukai kegiatan interaksi dengan orang lain, mampu berpikir kritis dan kreatif, dan menghadapi tantangan dengan solusi yang strategis.
Daftar Pustaka :
London School of Public Relations
(LSPR). (2023). Apa itu public relations?
https://www.lspr.ac.id/apa-itu-public-relations/
Tulane School of Professional
Advancement. (n.d.). A day in the life of
a public relations specialist.
https://sopa.tulane.edu/blog/day-life-public-relations-specialist
LinovHR. (2024). Public relation: Pengertian, tugas, dan
skill yang diperlukan.
https://www.linovhr.com/public-relation/
Nainggolan, M. F. (2020). Public relation dalam membangun citra The
Crew Hotel. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/14958/1/Kuliah%20Kerja%20Lapangan%20-%20Mika%20Ferawati%20Nainggolan%20-%20Public%20Relation%20Dalam%20Membangun%20Citra%20The%20Crew%20Hotel.pdf
Binus University. (n.d). Media
Relations Sebagai Konsistensi Public Relations dalam Membangun Reputasi
Perusahaan.
Maulana, A. R. D. (2024).
Dinamika Hubungan Antara Media Dan Praktisi Public Relations Dalam Konteks
Krisis Organisasi. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 2(2), 41-53.
https://journal.appisi.or.id/index.php/wissen/article/download/89/118/437?utm_source=chatgpt.com
Penulis: Alya, 2025
Cover: Hamimah Okamtiyan, 2025
***
Laboratorium Ilmu Komunikasi UNESA