Peran Mahasiswa UNESA dalam Optimalisasi Branding PT FIT BSA melalui Metode Digital Marketing dan Strategi Pemasaran

ikom.fisipol.unesa.ac.id., Sidoarjo - Rohmatun Nazila dan Aulia Fira Venata merupakan mahasiswa semester 6 Prodi Ilmu Komunikasi UNESA yang saat ini tengah menjalani program magang di PT. FIT Berkah Sekawan Abadi berlokasi di Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur. Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan peralatan rumah tangga dengan strategi marketing direct selling yang secara khusus menjual produk door to door kepada konsumen.
Selain itu, PT. FIT BSA juga memiliki banyak anak perusahaan, salah satunya ada FIT GYM. Selama di perusahaan PT. FIT BSA, Aya dan Rara menempati posisi sebagai marketing strategist dan digital marketing, yang bertugas untuk membranding perusahaan di akun sosial media @FITBSA dan @FITGYM.Sidoarjo.
Selama bertugas, Aya dan Rara saling membantu dalam menyelesaikan tugas, mulai dari membuat konten Instagram. Aya bertugas sebagai editor dan take video, sedangkan Rara sebagai script writer caption di setiap postingan. Selain ditugaskan di bagian digital marketing, Aya dan Rara juga terjun di bagian marketing strategist dengan mendatangi setiap rumah warga yang lokasinya telah ditentukan oleh perusahaan untuk melakukan sosialisasi produk dari PT FIT BSA.
Menurut Rara, dunia kerja dan perkuliahan memiliki perbedaan yang cukup signifikan, seperti dalam hal penyelesaian tugas, di mana dalam bekerja setiap tugas yang telah diberikan harus segera dikerjakan dan selesai tepat waktu. Selain itu, Aya dan Rara yang sebelumnya belum memiliki pengalaman di bidang marketing strategist dengan penawaran door to door, hal ini dapat menambah pengalaman dan juga pembelajaran saat turun ke lapangan.
Masuk di dunia kerja mengharuskan Aya dan Rara untuk semakin adaptif di setiap situasi. Namun di sisi lain, Rara merasa bahwa divisi dan perusahaan tempat magangnya saat ini merupakan tempat yang tepat karena ia benar-benar dibimbing oleh tenaga profesional. Tidak hanya itu, kehadiran Aya dan Rara juga disambut baik dan keberadaannya dianggap penting di perusahaan.
Dengan bergabungnya Aya dan Rara menjadi bagian dari digital marketing dan marketing strategist, tidak terlepas dengan relevansi jobdesknya dengan konsentrasi penjurusan Marketing Communication (Marcom) di Ilmu Komunikasi UNESA, yakni terkait marketing sosial dan media sosial, di mana perusahaan yang menaunginya berusaha untuk tetap memberikan dan memberdayakan anak perusahaan sehingga hubungan komunikasi akrab tetap terjalin dan kepercayaan antar perusahaan tetap terjaga.
Aya dan Rara juga dilatih untuk berpikir kritis dalam merancang komunikasi pemasaran serta melakukan riset untuk mengidentifikasi perilaku konsumen yang dapat membentuk rasa percaya diri. Program magang ini tidak hanya memperkuat kompetensi teknis Aya dan Rara, namun juga menanamkan nilai-nilai profesionalisme, teamwork, dan inovasi dalam dunia pemasaran yang terus berkembang.
Kegiatan ini diharapkan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk aktif menggali potensi di luar kampus dan siap bersaing di dunia kerja.
Penulis : Aulia Fira Venata (Ilmu Komunikasi 2022)
Editor : Nur Mazidah Agustin N., 2025
***
Laboratorium Ilmu Komunikasi UNESA